Metode Penelitian, Penelitian Kualitatif, Penelitian Kuantitatif, Tujuan Penelitian

Menyajikan Tujuan Penelitian Yang Baik Untuk Metode Penelitian

Written by hakaze kusaribe · 2 min read >
Menyajikan tujuan Penelitian Yang Baik
Menyajikan tujuan Penelitian Yang Baik

Di dalam dunia akademik, keberadaan penelitian adalah suatu aktivitas yang sangat penting guna mendapatkan penemuan yang baru mengenai suatu permasalahan. Melalui serangkaian pengamatan dan memiliki tujuan penelitian, maka aktivitas tersebut berupaya untuk bisa menemukan, mengembangkan, dan melakukan pengujian akan suatu kebenaran dengan melibatkan metode-metode ilmiah yang sudah ditetapkan. Sifat dari penelitian itu sendiri adalah objektif dan disusun menjadi satu kesatuan karya tulis yang menghasilkan sebuah kesimpulan dari serentetan analisis permasalahan yang sudah dilakukan oleh peneliti. 

Keberadaan tujuan dari penelitian adalah salah satu aspek penting di dalam penelitian tersebut. Baik untuk penelitian kualitatif, kuantitatif, maupun mix method (penelitian campuran). Di mana dari ketiga metode penelitian tersebut, tentunya mempunyai tujuan yang berbeda.  Tujuan ini nantinya akan menjelaskan mengenai kesimpulan akhir yang akan dicapai oleh peneliti di dalam aktivitas meneliti tersebut. Tujuan pun secara umum dituliskan secara terpisah dari bagian penelitian yang lainnya dan diusahakan benar-benar bisa memberikan pemahaman secara jelas kepada pembaca. 

Tujuan Penelitian Pada Kualitatif, Kuantitatif, Dan Mix Method

Diketahui bahwa metode penelitian secara umum terbagi menjadi penelitian kualitatif. penelitian kuantitatif, dan mix method (penelitian campuran). Tujuan penelitian dari ketiganya pun mempunyai perbedaan akan apa yang ingin dicapai. 

Di mana tujuan dari penelitian kualitatif ini adalah mengenai informasi akan fenomena utama yang dikembangkan di dalam penelitian, lokasi dari penelitian tersebut, dan juga partisipan dari penelitian yang dilakukan. Serta di dalam penelitian kualitatif ini, tujuan tersebut juga bisa menyatakan mengenai rancangan dari penelitian yang telah dipilih oleh peneliti.

Untuk penelitian kuantitatif ini akan melibatkan variabel yang digunakan di dalam penelitian tersebut, serta hubungan antar variabel. Di dalamnya juga turut melibatkan proses pengidentifikasian dari variabel utama dan nantinya akan ditentukan mengenai bagaimana variabel tersebut akan dilakukan pengukuran. 

Sedangkan untuk penelitian mix method atau penelitian campuran, tujuan yang akan dicapai nantinya adalah mengenai penggabungan dari unsur penelitian kualitatif dan kuantitatif , serta alasan yang melandasi akan penggunaan dari kedua metode penelitian itu di dalam melakukan penelitian tersebut. 

Bagaimana Cara Menuliskan Tujuan Kualitatif, Kuantitatif, Dan Mix Method?

Ketika Anda akan menulis bagian tujuan penelitian dari metode kualitatif, kuantitatif, dan mix method, maka ada beberapa hal penting yang untuk diperhatikan. Diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Kualitatif

  • Memfokuskan penulisan pada satu gagasan yang utama saja. Anda bisa menyederhanakan penelitian Anda di dalam gagasan tersebut sehingga lebih mudah untuk dipahami.
  • Penulisan pada tujuan penelitian sebaiknya ditulis dalam bentuk paragraf yang terpisah serta gunakan lah bahasa penelitian yang tepat.
  • Gunakan lah kata-kata yang objektif ataupun kata-kata yang netral. Hindari untuk menggunakan kata-kata yang bisa menjelaskan bahwa apa yang Anda teliti itu dapat terjadi atau tidak.
  • Berikan lokasi penelitian yang jelas dan detail, sehingga pembaca akan bisa memahami di mana penelitian itu dilaksanakan.

2. Kuantitatif

  • Pada penulisan tujuan dari penelitian kuantitatif, penting untuk menunjukkan mengenai variabel bebas dan variabel terikat, atau variabel lainnya yang Anda gunakan dalam penelitian tersebut.
  • Gunakanlah kata-kata yang dapat menunjukkan bahwa ada keterhubungan antara variabel bebas dan variabel terikat tersebut. 
  • Sertakan juga mengenai strategi penelitian yang Anda lakukan, baik berupa eksperimen maupun survei yang Anda gunakan dalam penelitian.
  • Pastikan jika Anda menggunakan bahasa penelitian untuk menuliskan tujuan dari penelitian Anda.

3. Mix Method

  • Untuk memulai menulis tujuan dari penelitian, hendaknya dimulai dengan kata-kata yang menunjukkan dari tujuan penelitian secara jelas, seperti “tujuan dari penelitian ini…” dan sebagainya. 
  • Berikan mengenai jenis rancangan dari metode mix method yang Anda gunakan di dalam penelitian tersebut.
  • Penting bagi Anda untuk turut mencantumkan alasan mengapa menggabungkan kedua metode penelitian tersebut di penelitian Anda.

Dengan demikian, karena tujuan penelitian ini adalah bagian terpenting dari tubuh sebuah karya tulis penelitian ilmiah, maka penulisannya pun harus lah baik dan benar. Hal tersebut selain dapat menyajikan apa yang hendak dicapai juga untuk memudahkan pembaca di dalam memahami penelitian yang Anda lakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *