Metode Penelitian

Pengertian Metode Penelitian Menurut Para Ahli

Written by hakaze kusaribe · 1 min read >
Metode Penelitian Menurut Para Ahli
Metode Penelitian Menurut Para Ahli

Pengertian Metode Penelitian Secara Umum

Secara umum, metode penelitian adalah cara tertentu atau metode secara spesifik untuk memecahkan masalah yang di ajukan dalam sebuah penelitian. Untuk melakukan penelitian tentunya dibutuhkan metode, ada banyak metode yang dapat digunakan, tapi karena untuk memenuhi syarat parsimony (metode yang paling efisien untuk melakukan penelitian) dilakukan pemilihan metode penlitian yang paling tepat, hal ini dilakukan agar tingkat keberhasilan dalam penelitian meningkat dan dapat mengatasi kendala-kendala yang akan terjadi serta menjaga ciri khas penelitian, yaitu adanya karakter keilmiahan, serta validitas dan reliabilitas, maka metode penelitian harus pilih secara spesifik.

Langkah-Langkah Melaksanakan Penelitian

Dalam buku Ali, M (1985:23) menjelaskan langkah-langkah dalam melaksanakan sebuah penelitian.

Fase Perencanaan Penelitian

  1. Merumuskan Masalah
  2. Mengadakan Studi Pendahuluan
  3. Menentukan Sample Penelitian
  4. Menyusun Rancangan Penelitian
  5. Menentukan Dan Merumuskan Alat Penelitian

Fase Pelaksanaan Penelitian

  1. Pengumpulan Data
  2. Pengolahan Atau Analisis Data

Fase Laporan Penelitian

Fase Laporan Penelitian
Fase Laporan Penelitian

Metode Penelitian Menurut Para Ahli

1. Menurut P.Joko Subagyo

Metode Penelitian adalah suatu cara atau jalan untuk mendapatkan kembali pemecahan terhadap segala permasalahan yang diajukan. Di dalam penelitian diperlukan adanya beberapa teori untuk membantu memilih salah satu metode yang relevan terhadap permasalahan yang diajukan, mengingat bahwa tidak setiap permasalahan yang diteliti tentu saja berkaitan dengan kemampuan si peneliti, biaya dan lokasi. Pertimbangan tersebut mutlak diperlukan, dan penelitian tidak dapat diselesaikan dengan sembarang metode penelitian.

2. Penurut Prof. Dr. sugiyono

Metode Penelitian adalah cara ilmiah untuk mendapatkan data dengan tujuan dan kegunaan tertentu. Cara ilmiah berarti kegiatan penelitian itu didasarkan pada ciri-ciri keilmuan, yaitu rasional, empiris dan sistematis. Rasional artinya bahwa penelitian dilakukan dengan cara-cara yang masuk di akal, sehingga terjangkau oleh penalaran manusia. Empiris artinya bahwa cara-cara yang yang dilakukan itu dapat diamati oleh indra manusia sehingga orang lain dapat mengamati dan mengetahui cara-cara yang digunakan (Bandingkan : hal-hal yang dilakukan paranormal). Sistematis artinya proses yang digunakan dalam penelitian itu menggunakan langkah-langkah tertentu yang bersifat logi.

3. Menurut Prof. M.E. Winarno

Metodologi penelitian merupakan sebuah kegiatan ilmiah yang dapat dilakukan dengan teknik yang sistematis dan cermat.

4. Menurut Muhammad Nasir

Menurut Muhammad Nasir, memahami metode penelitian merupakan sebuah metode yang paling penting yakni dimana para peneliti dapat mencapai sebuah tujuan dan dapat menemukan jawaban sebagai masalah yang akan di ajukan.

5. Menurut Muhiddin Sirat

Menurut Muhiddin Sirat, metode penelitian merupakan sebuah cara untuk dapat memilih pada subjek masalah dan menentukan pada judul dalam sebuah investigasi.

6. Menurut Heri Rahyubi

Menurut Heri Rahyubi, metode penelitian merupakan sebuah model yang dapat digunakan dengan kegiatan belajar mengajar sebagai mencapai sebuah proses dalam pembelajaran yang secara baik.

7. Menurut Pasaribu Simanjuntak

Metode merupakan suatu cara sistematik yang digunakan demi tercapainya sebuah tujuan.

8. Menurut Muhiddin Sirat

Metode penelitian adalah suatu cara memilih masalah & penentuan judul penelitian.

9. Menurut Rosdy Ruslan

Metode sebagai kegiatan ilmiah yang berhubungan dengan cara kerja dalam memahami suatu subjek maupun objek penelitian dalam upaya menemukan jawaban secara ilmiah & keabsahannya dari sesuatu yang diteliti.

10. Menurut Drs.Agus M. Hardjana

Metode adalah cara yang telah dipikirkan secara matang yang dilakukan dengan mengikuti, beberapa langkah-langkah tertentu demi tercapainya sebuah tujuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *