Metode Penelitian, Studi Literatur

Pentingnya Gunakan Sumber Kredibel Untuk Penelitian Studi Literatur

Written by hakaze kusaribe · 2 min read >
Metode Penelitian Studi Literatur
Metode Penelitian Studi Literatur

Metode penelitian studi literatur merupakan salah satu metode pengumpulan data di dalam metodologi penelitian kualitatif. Bahkan metode penelitian ini pun saat ini banyak digunakan oleh para peneliti, karena dengan memanfaatkan literatur maka bisa mempengaruhi akan tingkat kredibilitas dari hasil penelitian kualitatif yang Anda lakukan. Seperti yang diketahui, bahwa ketika menjalani serangkaian proses penelitian, maka Anda tidak bisa meninggalkan studi literatur guna mencari referensi untuk penelitian yang Anda kerjakan. Berbagai jenis penelitian yang Anda lakukan, baik itu riset di lapangan, kepustakaan, dan sebagainya, Anda tidak akan bisa terlepasnya dari keberadaan literatur yang akan mendukung proses pencarian Anda.

Hal yang membedakan dalam hal ini adalah mengenai tujuan, fungsi, maupun posisi dari studi pustaka pada setiap penelitian yang dilakukan oleh peneliti. Dengan demikian, penelitian literatur ini akan lebih banyak untuk memanfaatkan referensi-referensi yang ada di perpustakaan guna mendapatkan data yang Anda butuhkan di dalam penelitian. Sehingga Anda akan lebih banyak untuk menghabiskan waktu dengan membaca banyak buku dan melakukan pencatatan untuk mengolah penelitian tersebut.

Pentingnya Kredibilitas Sumber Penelitian Studi Literatur

Menjadi hal yang sangat penting di dalam metode penelitian studi literatur, bahwa buku atau pustaka yang Anda gunakan harus lah yang memadai, terjamin kredibilitasnya, dan berasal dari sumber primer. Setelah itu didukung juga dengan menggunakan sumber sekunder untuk nantinya bisa mendapatkan hasil penelitian yang akurat.

Dan jika Anda mengambil referensi dari buku, maka ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Di mana Anda bisa memastikan bahwa buku tersebut memiliki ISBN, penggunaan bahasa yang formal, penulisan dengan menggunakan footnote atau catatan kaki, konten yang berisi pemikiran dan konsep dari sebuah bidang ilmu, dan tentunya buku tersebut diterbitkan oleh penerbit yang terjamin kredibilitasnya.

Sumber Literatur Yang Tepat Untuk Penelitian

Di dalam mengerjakan sebuah penelitian dengan menggunakan metode penelitian studi literatur, maka pemilihan literatur ini sangat lah penting untuk diperhatikan dengan baik. Karena sumber yang Anda gunakan sangat mempengaruhi akan kualitas dari penelitian Anda. Di mana literatur tersebut tentu saja adalah literatur yang kredibel, relevan, mutakhir, dan memadai. 

Sumber penelitian sendiri dibedakan menjadi sumber primer dan sumber sekunder. Di mana sumber primer adalah karya asli yang telah dialami secara langsung dan oleh orang yang menulisnya. Sedangkan sumber sekunder merupakan karya berupa penelitian dan sebagainya yang tidak dialami secara langsung oleh penulisnya. Berikut adalah beberapa sumber literatur yang tepat untuk penelitian literatur Anda.

1. Jurnal Ilmiah

Ketika Anda sedang mengerjakan sebuah penelitian, maka jurnal ilmiah ini bisa menjadi salah satu sumber literatur yang bisa Anda andalkan. Sebagai masukan, maka akan lebih baik jika Anda mencari jurnal ilmiah yang baru. Karena dengan begitu Anda bisa mendapatkan penelitian yang masih fresh untuk menjadi referensi bagi penelitian Anda. Jurnal ilmiah yang tergolong baru ini adalah jurnal yang diterbitkan dalam waktu dua hingga 4 tahun terakhir. Anda bisa mendapatkannya di perpustakaan maupun di internet yang biasanya disajikan dalam bentuk format yang bisa Anda download

2. Tesis Atau Disertasi

Untuk metode penelitian studi literatur Anda juga bisa menggunakan tesis atau disertasi. Tesis dan disertasi ini adalah layaknya sebuah skripsi yang menjadi persyaratan kelulusan di tingkat S1. Sedangkan tesis berada di tingkat S2 dan disertasi berada di tingkat S3. Karya tulis-karya tulis ini bisa Anda jadikan sebagai referensi ketika mengerjakan sebuah penelitian.

3. Buku

Buku ini menjadi sumber referensi yang banyak digunakan oleh para peneliti. Dan tentunya buku yang Anda gunakan adalah disesuaikan dengan bidang atau topik yang sedang Anda teliti. Namun, penting juga bagi Anda untuk memperhatikan tahun terbit dari buku tersebut.

4. Internet

Internet juga bisa Anda manfaatkan untuk mencari referensi yang relevan dengan penelitian Anda. Namun, karena internet menyajikan berbagai informasi, jadi pastikan jika referensi yang pilih benar-benar kredibel. Misalnya saja dari situs resmi nasional maupun internasional, berita dari media massa yang kredibel, situs resmi pemerintah, maupun situs yang menyediakan jurnal-jurnal ilmiah, seperti LIPI.go.id, Research Gate, Google Scholar, dan masih banyak lagi. Dengan demikian, dalam metode penelitian studi literatur ini penting sekali untuk melibatkan sumber-sumber pustaka yang terjamin kredibilitasnya sehingga dapat dipertanggungjawabkan. Selain itu, tidak hanya mencatat akan berbagai inti dari pustaka yang Anda gunakan, tetapi juga didukung kuat dengan analisa yang baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *