Metode Penelitian, Metode Pengumpulan Data

6 Jenis Metode Pengumpulan Data dalam Penelitian

Written by hakaze kusaribe · 2 min read >
Metode Pengumpulan Data dalam Penelitian
Metode Pengumpulan Data dalam Penelitian

Saat melaksanakan penelitian, data adalah bahan baku dan sumber utama dari informasi yang Anda kumpulkan. Bentuk data ini bisa seperti huruf, angka, suara, gambar, simbol, ataupun lain – lain. Di dalam penelitian, data dikumpulkan dan diolah untuk mendapatkan jawaban pasti dari hipotesis sebelum penelitian. Data juga menguatkan hasil akhir dari sebuah penelitian. Itulah kenapa data sangat penting dalam menyukseskan suatu penelitian. Ada beberapa jenis metode pengumpulan data yang bisa dilakukan dalam suatu penelitian. 

1. Sensus 

Ini menjadi cara pertama yang bisa Anda lakukan dalam mengumpulkan data. Sensus adalah suatu kegiatan untuk pengumpulan data untuk mengetahui jumlah populasi dalam suatu tempat. Populasi ini biasanya menjadi pengamatan utama pada suatu tempat ataupun wilayah. Ada beberapa alasan kenapa Anda bisa memakai metode pengumpulan data ini untuk penelitian. Data ini biasanya disajikan dalam tingkatan wilayah terendah dikarenakan sudah semua unit populasi dikumpulkan. Selain itu, cara ini membuat data tidak ada kesalahan dalam penarikan sampel populasi dan bisa membuat kerangka dari sensus itu sendiri. 

2. Wawancara 

Suatu wawancara bisa dijadikan sebagai metode pengumpulan data dalam suatu penelitian. Wawancara ini adalah suatu pembuktian untuk mencari kebenaran terhadap informasi dan keterangan yang didapat sebelum melakukan wawancara. Teknik pengumpulan data ini biasanya dilakukan dalam penelitian kualitatif dengan teknik wawancara mendalam. Cara ini dilakukan dengan menggali keterangan koresponden dengan prosesi tanya jawab dan tatap muka antara pewawancara dan narasumber. Dalam proses wawancara ini pastinya tetap memegang teguh pedoman yang benar dalam wawancara. 

3. Observasi 

Teknik pengumpulan data selanjutnya adalah dengan melaksanakan observasi atau pengamatan. Metode ini merupakan suatu proses yang dilakukan oleh peneliti untuk melihat kondisi dan situasi terkini dalam suatu penelitian sehingga bisa menentukan data yang dikumpulkan. Dalam melakukan observasi ini, maka Anda bisa mendapatkan informasi yang dibutuhkan dalam suatu penelitian. Biasanya ada beberapa detail yang ditentukan dalam observasi ini seperti keterangan tempat, kegiatan, pelaku, perasaan, dan juga waktu. 

4. Dokumen 

Cara selanjutnya dalam pengumpulan data di dalam penelitian adalah dengan memakai teknik dokumen. Tentu saja dokumen ini berperan besar dalam mengumpulkan data untuk menjawab hipotesis dalam penelitian. Dokumen adalah sumber data yang dipakai sebagai pelengkap penelitian berupa film, sumber tertulis, foto atau gambar, dan juga karya – karya lainnya. Tentu saja ini bisa memberikan informasi untuk penelitian yang dilakukan. Cara ini mempermudah Anda untuk mendapatkan hasil akhir dan kesimpulan dalam penelitian. 

5. Teknik Triangulasi 

Metode pengumpulan data lainnya adalah dengan memakai teknik triangulasi dalam sebuah penelitian. Teknik ini adalah cara dimana ada pemeriksaan kevalidan data yang biasanya digunakan dalam penelitian. Cara pengumpulan data ini memanfaatkan hal lain diluar data yang dikumpulkan untuk mengecek dan membandingkan terhadap informasi dan data yang dikumpulkan. Cara ini efektif untuk membuktikan apakah data yang dikumpulkan benar atau tidak. Tentu saja ini akan sangat membantu dalam mendapatkan hasil akhir penelitian yang terpercaya dan valid. 

6. Survey 

Metode pengumpulan data yang terakhir adalah dengan memanfaatkan teknik survey. Metode ini adalah proses pendataan atau pengumpulan data yang dilaksanakan terhadap suatu sampel atau sebagian populasi yang pastinya menjadi suatu objek pengamatan dalam suatu daerah. Biasanya ini dilakukan sebelum melakukan sensus penduduk dalam suatu wilayah. Diperlukan cara ini untuk menentukan hasil akhir dalam suatu penelitian. Ada beberapa kelebihan yang bisa didapat saat melaksanakan metode pengumpulan data ini seperti memiliki jumlah pendataan yang jauh lebih sedikit, pengumpulan data lebih cepat, biaya lebih murah, kualitas data yang dikumpulkan lebih baik, pertanyaan banyak,  dan kesalahan sampling lebih sedikit. Ini pastinya akan mempermudah peneliti untuk mengecek kevalidan data yang dalam suatu penelitian. Pengumpulan data ini biasanya dilakukan untuk penelitian elektabilitas, hitung cepat atau quick count, dan sebagainya yang memerlukan teknik survey. 

Itulah tadi beberapa metode pengumpulan data yang bisa dilakukan dalam suatu penelitian. Anda bisa memilih metode yang tepat untuk penelitian yang dilaksanakan. Setiap penelitian tertentu biasanya membutuhkan metode pengumpulan data yang berbeda pula. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *